Senin, 05 Oktober 2020

ISPI Cilacap, Selayang Pandang


Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) adalah suatu organisasi profesi di bidang pendidikan di IndonesiaISPI mempunyai tujuan untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran kepada pembangunan pendidikan nasional secara profesional agar lebih terarah, berhasil guna dan berdaya guna, melalui pengembangan dan penerapan ilmu pendidikan untuk kemajuan dan kepentingan bangsa dan negara.

Untuk tingkat pusat, ISPI berkedudukan di Jakarta. Saat ini dipimpin oleh Prof.Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. Untuk tingkat provinsi Jawa Tengah, ISPI berkedudukan di Surakarta. Saat ini, ISPI Jawa Tengah dipimpin oleh Prof.Dr. Trisno Martono, MM. Untuk tingkat kabupaten Cilacap, sekretariat ISPI beralamat di SMP Negeri 7 Cilacap, Jalan Kelinci No. 4, Mertasinga Cilacap Utara. Saat ini, ISPI Cilacap dipimpin oleh Drs. Mirza Gholam Mokhammad.

Jika ISPI Pusat didirikan pada tahun 1960, ISPI Cabang Cilacap baru dibentuk pada Januari 2010. Tepatnya, pelantikan ISPI Cabang Cilacap dilakukan pada tanggal 16 Januari 2010, bertempat di Gedung Bank Jateng Purwokerto, bersamaan dengan Seminar Nasional Pendidikan yang diselenggarakan oleh ISPI Cabang Banyumas. 

Pengurus inti ISPI Cabang Cilacap periode 2010-2015 adalah:

Ketua            : Drs. Mirza Gholam Mokhammad

Sekretari I     : Zaenal Arifin, S.Pd.

Sekretaris II    : Mahmud Saefi, S.Pd.,M.Pd.

Bendahara    : Suratmi, S.Pd.

Pada tahun 2015, periode kepengurusan ISPI Cilacap berakhir. Dibentuklah kepengurusan periode 2015-2020. Pelantikan pengurus ISPI Cilacap periode 2015-2020 dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2015, bertempat di Aula Akbid Graha Mandiri Cilacap. Acara pelantikan diikuti dengan kegiatan ilmiah Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Implementasi Permen PAN & RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru

Seminar diikuti sekitar 150 peserta, menghadirkan narasumber:

1. Prof. Dr. Ahman, M.Pd. (Sekjen ISPI Pusat)

2. Prof. Dr. Trisno Martono, M.Pd. (Ketua Umum ISPI Jawa Tengah)

3. Prof. Dr. Slameto, M.Pd. (Bendahara ISPI Jawa Tengah)

4. Dr. Tjipto Subadi, M.Si. (Sekjen ISPI Jawa Tengah)

Pada salah satu sesi seminar, muncul gagasan agar ISPI Cilacap dapat menerbitkan jurnal pendidikan sebagai wahana publikasi bagi karya-karya ilmiah guru, sebagai syarat kenaikan pangkat/golongan ke Pembina Tk.I / IV / b, Gagasan ini ditindaklanjuti dengan pembentukan dewan redaksi jurnal pendidikan ISPI Cabang Cilacap, yang diberi nama Jurnal Pendidikan Expertis. Dewan redaksi dibentuk di bawah arahan Prof.Dr. Slameto, M.Pd. Susunan Dewan Redaksi Jurnal Pendidikan Expertis adalah:

1. Ketua                : Rangga Jemana, S.Pd.

2. Sekretaris        : Puryanti, M.Pd.

3. Bendahara        : Ade Sutisna, S.Pd.

4. Editor                : Sigikt Kindarto, M.Pd., Suharto, M.Pd., Puji Kurniawan, M.Pd., Sugiyarto, S.Pd.

5. Layout                : Zaenal Arifin, S.Pd.

Jurnal Pendidikan Expertis terbit perdana pada Februari 2017. Selanjutnya terbit secara rutin setiap bulan Februari, Juni, dan Oktober. Dan sampai saat ini, jurnal Pendidikan Expertis sudah terbit sebanyak 12 edisi (terakhir Oktober 2020).

Dalam rangka launching atau peluncuran jurnal, diselenggarakan kegiatan ilmiah berupa Workshop Penulisan Artikel Ilmiah. Kegiatan dilaksanakan di Aula Politeknik Negeri Cilacap pada tanggal 13 Mei 2017. Kegiatan diikuti 200 peserta, menghadirkan narasumber Prof. Dr. Slameto, M.Pd. (Redaktur Ahli Jurnal Pendidikan Expertis) dan Yonas Suharyono, S.Pd.,M.M.Pd. (Tim Penilai Angka Kredit Kabupaten Cilacap).

Pada tahun 2018, ISPI Cilacap menyelenggarakan kegiatan Rapat Pimpinan Daerah ISPI Jawa Tengah yang diikuti dengan kegiatan ilmiah Seminar Nasional Pendidikan dengan narasumber Prof.Dr. Trisno Martono, MM, dan Prof.Dr. Tjipto Subadi, M.Si. dari ISPI Jawa Tengah, dan Workshop Penulisan dan Penerbitan Buku. Kegiatan workshop diikuti 150 peserta, menghadirkan narasumber Prof. Dr. Slameto, M.Pd. (Redaktur Ahli Jurnal Pendidikan Expertis) dan Sixteen Muzaki (Penerbit Inti Publishing Bogor).

Pada tahun 2019, bekerja sama dengan Komunitas Guru Menulis (K'Gum) Cilacap, ISPI Cilacap menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital. Kegiatan dilaksanakan di Aula Yayasan Pendidikan Islam Ibnu Shina Al-Azhar Cilacap pada tanggal 28-29 September 2020. Kegiatan diikuti 200 peserta, menghadirkan narasumber: Prof. Dr. Trisno Martono, MM. (ISPI Jawa Tengah), Tony Setiawan, M.Pd. (Kepala BPMPK Kemdikbud), Zaenal Arifin, S.Pd.,M.Pd. (ISPI Cilacap), Sigit Kindarto, M.Pd. (K'Gum Cilacap). Sugiyarto, S.Pd. (ISPI Cilacap), dan Wartam, S.Pd.

Tahun 2020 ini, periode kepengurusan ISPI Cilacap sebetulnya sudah berakhir. Namun, adanya wabah pandemi covid-19 yang melanda negara Indonesia dan kabupaten Cilacap, proses reorganisasi kepengurusan tertunda sampai tahun 2021. Kita bersama-sama menunggu, siapa figur yang akan menjadi pemimpin ISPI Cabang Cilacap periode 2021-2026, dengan harapan semoga kiprah ISPI CIlacap dalam rangka ikut meningaktkan mutu pendidikan di Cilacap semakin nyata. Aamiin.


7 komentar: